21/10/2010 20:54

Ditemukan: Gen Penyebab Ketidaksuburan laki-laki

 Penyebab infertilitas pada kaum laki-laki dipengaruhi oleh banyak hal. Sebuah studi menemukan salah satu penyebab infertilitas pada laki-laki yang belum terungkap adalah akibat kerusakan gen.


Ilmuwan dari Pasteur Institute di Perancis dan University College London mengungkapkan bahwa hasil ini bisa membantu dokter menyelidiki penyebab

aki-laki menjadi infertil.

Beberapa penyebab lainnya sudah diketahui, seperti akibat bentuk sperma yang abnormal, sperma kurang aktif dan gangguan dalam jumlah serta produksi sperma.

Dalam studi ini didapatkan adanya mutasi gen NR5A1 yang ditemukan pada sebagian kecil laki-laki yang mengalami ketidaksuburan (infertilitas). Hasil penelitian ini telah dilaporkan dalam American Journal of Human Genetics.

Pada kebanyakan kasus, dokter tidak dapat menemukan penyebab infertilitas pada laki-laki. Meskipun diketahui bahwa pasangan tersebut mengalami kesulitan untuk hamil.

Infertilitas pada laki-laki tampaknya lebih umum terjadi dalam keluarga tertentu, sehingga ilmuwan percaya bahwa ada faktor genetik dalam beberapa kasus.

Penelitian terbaru menunjukkan adanya gen yang sudah diketahui terlibat dalam perkembangan seksual laki-laki dan perempuan, yaitu gen NR5A1. Sehingga kecacatan dalam gen ini telah dihubungkan dengan adanya cacat fisik dalam perkembangan testis ataupun ovarium. Kecacatan gen ini kemungkinan menghambat kemampuan seseorang untuk memproduksi sperma.

Peneliti melihat gen dari 315 laki-laki sehat, namun tidak diketahui penyebab ketidakmampuannya menghasilkan sperma. Dari kelompok ini ditemukan adanya mutasi gen dan beberapa laki-laki mengalami perubahan kadar hormon seksnya. Sedangkan satu kasus diketahui mengalami kelainan ringan dalam struktur seluler testis.

"Kami menyimpulkan bahwa sekitar 4 persen laki-laki yang dinyatakan infertil namun tidak diketahui penyebabnya, memiliki mutasi pada gen NR5A1," ujar peneliti, seperti dikutip dari BBCNews, Jumat (1/10/2010).

Sementara itu Dr Allan Pacey, seorang dosen senior andrologi di University of Sheffield mengingatkan bahwa proses produksi sperma sangat kompleks, sehingga ada kemungkinan banyak gen yang terlibat. Karena itu mungkin masih ada gen cacat lainnya yang ditemukan dan berhubungan dengan infertilitas.

"Meskipun cacat gen hanya mempengaruhi sebagian kecil laki-laki, tapi perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mencari tahu jawabannya dan mungkin suatu hari bisa membangun tes diagnostik yang kuat untuk masalah kesuburan berdasarkan genetik," ungkapnya.

 

Sumber:  Bio Edu Family

—————

Back


Contact

Biologi-Smada


Beri Komentarnya yaa....disini: Guestbook